Sunday, October 9, 2016

Makalah sejarah peradaban islam 1

  SEJARAH  PERADABAN  ISLAM  MASA NABI MUHAMMAD SAW

Makalah ini disusun untuk memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Sejarah Peradaban Islam
Dosen Pengampu :

 


Disusun Oleh

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
2016
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pada awal mula Nabi Muhammad mendapatkan wahyu dari Allah SWT, yang isinya menyeru manusia untuk beribadah kepadanya, mendapat tantangan yang besar dari berbagai kalangan Quraisy. Hal ini terjadi karena pada masa itu kaum Quraisy mempunyai sesembahan lain yaitu berhala-berhala yang dibuat oleh mereka sendiri. Karena keadaan yang demikian itulah, dakwah pertama yang dilakukan di Makkah dilaksanakan secara sembunyi-sembunyi, terlebih karena jumlah orang yang masuk Islam sangat sedikit. Keadaan ini berubah ketika jumlah orang yang memeluk Islam semakin hari semakin banyak, Allah pun memerintah Nabi-Nya untuk melakukan dakwah secara terang-terangan.
Bertambahnya penganut agama baru yang dibawa oleh Nabi Muhammad, membuat kemapanan spiritual yang sudah lama mengakar di kaum Quraisy menjadi terancam. Karena hal inilah mereka berusaha dengan semaksimal mungkin mengganggu dan menghentikan dakwah tersebut. Dengan cara diplomasi dan kekerasa mereka lakukan. Merasa terancan, Allah pin memerintahkan Nabi Muhammad untuk berhijrah ke kota Madinah. Disinilah babak baru kemajuan Islam dimulai.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana keadaan dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad ketika Fase Makkah?
2.      Bagaimana pembentukan sitem kemasyarakatan, mileter, politik, dakwah, ekonomi, dan sumber pendaatan Negara ketika fase Madinah?

C.    Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui keadaan dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad ketika Fase Makkah.
2.      Untuk mengetahui pembentukan sitem kemasyarakatan, mileter, politik, dakwah, ekonomi, dan sumber pendaatan Negara ketika fase Madinah?

No comments:

Post a Comment